Bagaimana Wikileaks Bekerja?

WikiLeaks atau Wikileaks adalah organisasi internasional yang bermarkas di Swedia.Situs Wikileaks menerbitkan dokumen-dokumen rahasia sambil menjaga kerahasiaan sumber-sumbernya. Situs tersebut diluncurkan pada tahun 2006. Saat ini alamat situs telah dialihkan ke http://www.wikileaks.ch untuk alasan keamanan.

Organisasi ini didirikan oleh disiden politik Cina, dan juga jurnalis, matematikawan, dan teknolog dari Amerika Serikat, Taiwan, Eropa, Australia, dan Afrika Selatan.Artikel koran dan majalah The New Yorker mendeskripsikan Julian Assange, seorang jurnalis dan aktivis internet Australia, sebagai direktur Wikileaks. Situs Wikileaks menggunakan mesin MediaWiki.

Pada Juli 2010, situs ini mengundang kontroversi karena pembocoran dokumen Perang Afganistan.Selanjutnya, pada Oktober 2010, hampir 400.000 dokumen Perang Irak dibocorkan oleh situs ini. Wikileaks juga membocorkan Dokumen Rahasia Indonesia yaitu Sejumlah isu tersebut antara lain diduga terkait lepasnya Timor-Timur(Timor Leste) dari Indonesia dan pemilihan Presiden pada 2004.Pada November 2010, WikiLeaks mulai merilis kabel diplomatik Amerika Serikat.

Bagaimana Wikileaks Bekerja?

Wikileaks tidak punya karyawan yang digaji atau tidak punya kantor. Pendirinya masih misterius, diantaranya hacker berambut perak, semula ilmuwan menjadi aktivis journalist. Menjadi momok bagi politisi dan pemerintah di seluruh dunia. Inilah Wikileaks.

Sekali lagi, organisasi yang mendominasi semua headline news, kali ini tentang berita yang belum pernah terjadi, yaitu kebocoran dokumen Amerika terkait perang di Afghanistan.

website milik Swedia “whistleblowing” merilis 90.000 dokumen militer rahasia yang memaparkan perang enam tahun lalu, termasuk warga Afghanistan yang terbunuh dan tidak dilaporkan dan operasi tersembunyi Taliban. Penasihat Gedung Putih Jenderal Jim Jones berbicara mengenai “kehidupan orang Amerika dan partnernya masuk periode siaga”.

Sudah tentu tujuan utama Wikileaks selalu membongkar rahasia, apapun harganya. Tapi bagaimana organisasi ini bekerja dalam aura yang ekstrim sensiti? Berikut jawaban atas pertanyaan yang sering muncul selama beberapa hari ini :

1. Apa Tujuan Wikileaks?
Wikileaks didirikan tahun 2006, yang bertujuan utama adalah “membongkar rejim pemerintahan di Asia, blok Soviet terdahulu, sub-Sahara Afrika dan Timur Tengah, tetapi juga berharap ada orang yang juga menjadi asisten di seluruh dunia mengungkap perilaku pemerintah yang tidak etis dan tidak bekerjasama”. Pendiri, Julian Assange mengatakan dalam web nya Wikileaks adalah sebuah forum komunitas internet untuk mengungkap secara gamblang, penelitian dan diskusi atas informasi yang sensitive.

2. Bagaimana Cara Kerja Wikileaks?

Sukarelawanlah yang mengisi web ini. Hanya ada beberapa anggota yang sepenuh waktu yang bekerja untuk Assange. Organisasi ini bekerja secara tersembunyi yang anggotanya diketahui hanya dari inisialnya, dan online chats dilakukan dalam suatu kode tertentu. Wikileaks didanai dari pendonor pribadi. Wikileaks juga beroperasi di beberapa negara termasuk Swedia dan Iceland, dimana keamanan privasi dan hukum hak digital lebih terakomodasi.

3. Bagaimana Wikileaks Menggali Berita?
Prosesnya begini :
Web ini diatur untuk bisa mengijinkan para upadater anonym dari orang yang melaporkan di seluruh dunia via form online khusus, sekalipun hal tersebut masih dipertanyakan keabsahannya. Assange dan perusahaan (tidak bernama dan kontributornya tidak tampak) kemudian meramunya secara rahasia, memaketkan ulang ke multimedia dan menampilkan di web, dan tetap menjamin sumbernya dengan anonym yang sempurna.

Problem web ini sendiri, anonym yang kosong terbukti sedikit menyusahkan pada prakteknya. Awal tahun ini, seorang mahasiswa 20 tahun menghack email Sarah Palin dan ditangkap dan dihukum atas dasar penipuan dan gangguan peradilan setelah Wikileaks menerbitkan email anak tersebut.
Wikeleaks sekarang mencoba untuk menyusun pertahanan hukum atas Bradley Manning, yang diduga keras dibalik Sunday’s leak, grafis yang sempurna, profile video resolusi tinggi atas sebuah serangan bencana udara Amerika atas warga Iraq, berjudul “Pembunuhan Sadis”. Yang bersangkutan dilaporkan ditangkap oleh militer di Kuwait dan tampaknya akan mengahadapi pengadilan militer.

4. Dimana dapat menemukan dokumen WikiLeaks ?

  • WikiLeaks
  • Cryptome
  • Economic Disaster Area

5. Apa Kelanjutan dari WikiLeaks?
Assange mengatakan kepada konferensi TED Global bahwa Wikileaks “semakin bermutu dan bertambah jumlah pelaporan yang terungkap“. Dengan menemukan dokumen perang Afghanistan semakin menambah kemashuran Wikileaks, juga tidak beralasan jika dipikir bahwa dokumen tersembunyi lainnya akan muncul di situs ini sebulan kedepan.

Facebook Comments

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© Franz East 2009 - 2018. | Powered by Coffee + Cigarete & Site Hosted By IDwebhost.