Belajar bersama kawan Arti Anarki(s)(me) yang Sebenarnya !!!

Pandangan yang berlaku umum pada saat ini telah menjerumuskan paham anarkisme ke dalam pemahaman yang dangkal dan sempit. Penggunaan kata 'anarkis' pun sebenarnya sudah merupakan kesalahan fatal jika kita melihat bentukan awal katanya (etimologi), anarkis Sebenarnya merujuk pada kata benda, bukan sifat, anarkis ya artinya penganut paham anarkisme, bukan sikap.Sangatlah tidak adil bagi 'anarki' bila ia tidak dapat bersuara, memberikan sudut pandang yang berbeda bagi khalayak umum.

Di Indonesia pembodohan public (masyarakat) lewat TV, radio, koran, yaitu tentang istilah anarki, anarkis atau anarkisme digunakan oleh media massa untuk menyatakan suatu tindakan perusakan, perkelahian atau kekerasan massal. Padahal menurut para pencetusnya, yaitu William Godwin, Pierre-Joseph Proudhon, dan Mikhail Bakunin, Anarkisme adalah sebuah ide tentang hidup dengan cara yang lebih baik. Sedangkan Anarki adalah sebuah cara untuk hidup.

Berikut penyusuran terhadap makna kata-kata tersebut.

Dalam anarchopedia dijelaskan bahwa kata anarki adalah sebuah kata serapan dari anarchy (bahasa Inggris) dan anarchie (bahasa Belanda, Jerman, dan Perancis), yang juga mengambil dari kata Yunani anarchos/anarchia. Ini merupakan kata bentukan a (tidak/tanpa/nihil) yang disisipi n dengan archos/ archia (pemerintah/kekuasaan). Anarchos/anarchia = tanpa pemerintahan. Sedangkan Anarkis berarti orang yang mempercayai dan menganut anarki.

Di halaman web yang sama juga diterangkan bahwa anarki adalah perindu kebebasan martabat individu. Ia menolak segala bentuk penindasan. Jika penindas itu kebetulan pemerintah, ia memilih masyarakat tanpa pemerintah. Jadi, anarki sejatinya bumi utopis yang dihuni individu-individu yang ogah memiliki pemerintahan dan menikmati kebebasan mutlak.

Di wikipedia pengertian anarkisme yaitu suatu paham yang mempercayai bahwa segala bentuk negara, pemerintahan, dengan kekuasaannya adalah lembaga-lembaga yang menumbuhsuburkan penindasan terhadap kehidupan, oleh karena itu negara, pemerintahan, beserta perangkatnya harus ditiadakan.

Anarkisme adalah teori politik yang bertujuan untuk menciptakan masyarakat tanpa hirarkis (baik dalam politik, ekonomi, maupun sosial). Para Anarkis berusaha mempertahankan bahwa anarki, ketiadaan aturan-aturan, adalah sebuah format yang dapat diterapkan dalam sistem sosial dan dapat menciptakan kebebasan individu dan kebersamaan sosial. Anarkis melihat bahwa tujuan akhir dari kebebasan dan kebersamaan sebagai sebuah kerjasama yang saling membangun antara satu dengan yang lainnya.

Melihat penjelasan-penjelasan ini maka sebenarnya ada yang salah dengan pengertian anarki, anarkis, dan anarkisme dalam kehidupan sehari-hari (juga dalam bahasa media). Ternyata anarkisme adalah sebuah ideologi. Dan anarkis adalah orang yang mempercayai dan menjalankan ideologi tersebut dalam usaha untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Sedikit tulisan ini saya harap dapat membuka sedikit wawasan teman2 seputar konsep 'anarkis', setidaknya ini bisa jadi langkah awal untuk membebaskan term anarki dari segala bentuk penyimpangan definisi...

Sumber Tulisan ini di ambil dari :

Facebook Comments

3 Comments

  1. I admire the important data you give with your articles. I will bookmark your blog and also have my children examine up right here typically. I am fairly confident they will discover lots of new stuff right here than anyone else!

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© Franz East 2009 - 2016. | Powered by Coffee + Cigarete & Site Hosted By IDwebhost.