Codecs Video Dan Audio Streaming

Dalam teknologi streaming juga dilakukan proses Codec (comporession dan decompression) terhadap file video/audio yang diinginkan. Codec, dalam konteks streaming, adalah suatu metode atau algoritma yang terdapat pada sebuah streaming player yang fungsinya adalah untuk melakukan proses pengkompresan dan pengdekompresan file media streaming.

Codec digunakan karena raw audio atau vidio file mengandung terlalu banyak data (besar) untuk di stream di Internet, Codec menggunakan advanced mathematical model untuk mengurangi ukuran asli dari Audio/Video files Tentu saja perubahan ukuran yang drastis akan mempengaruhi kualitasnya juga.

Tentunya Format Audio dan Video dengan Codec pada setiap format tersebut saat ini cukup banyak List Of Codecs, namun Codec Audio dan Video yang biasanya dipergunakan dalam Teknologi Streaming Media diantaranya:

  1. Codec WMA dan WMV adalah codec dan format yang digunakan pada streaming yang digunakan pada streaming Windows Media Streaming yaitu streaming yang dibangun dan dikembangkan oleh Microsoft.
  2. Codec RA dan RV adalah codec dan format yang digunakan pada streaming RealNetwork Media yaitu streaming yang dibangun dan Dikembangkan oleh RealNetworks.
  3. Codec H263 dan AMR adalah codec dan format yang digunakan pada Streaming QuickTime Media yaitu Streaming yang dibangun oleh Apple OSX.
  4. Codec VP6 dan MP3 adalah codec dan format yang digunakan pada streaming Flash Media yaitu streaming yang dibangun dan dikembangkan oleh Adobe System.
  5. Codec H264 dan AAC adalah Codec dan Format yang digunakan pada Streaming berbasis Mobile Media System yaitu streaming yang dapat diputar secara langsung dengan menggunakan Hanphone, Smartphone, Android, Symbian, Blackbery , iPhone dengan protocol RTSP.

Facebook Comments

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© Franz East 2009 - 2018. | Powered by Coffee + Cigarete & Site Hosted By IDwebhost.