Live Streaming Through IPv6 Network Using Protokol RTSP

Before going there I highly recommend that you read: Real Time Streaming Protocol (RTSP) - RFC2326 and Session Description Protocol (SDP) - RFC2327 (April 1998) or RFC4566 (July 2006) and for IPv6 Specification here RFC2460, in this test simulated the live streaming with RTSP Protocol, and how to stream the video stream from the Encoder to the Server Streaming and forwarded to the client more details here you can read How To Use The Technologies and and more detail for this simulated I explained here Streaming RTSP Protocol Over IPv6 Network, following overview of the basic concepts on shown in the picture below :

live-streaming

For more detail Simulated Live Streaming Using RTSP Protocol through IPv6 Network you can see video here :
[ VIDEO ] Simulated Video Streaming RTSP Protocol Over IPv6 Network
.
- Broadcasting Live and From a File – “Simulated Live”
- Connection to the Administration interface server streaming
- Use Real Producer for streamer To stream a video
- Run Streaming video on client with Media Player
- Run Streaming video on client with Web Application for cleint in browser
- Monitor : Logs for Helix Streaming Server in administration interface
- Wireshark RTSP packet capture

And here I will explain in Indonesian because on the link above already described in detail.

Basic Streaming Technology : Pada awalnya, data Video dari Source: sumber yang sifatnya live (berupa Video/Audio yaitu kamera) akan di-Capture dan disimpan pada sebuah buffer yang berada pada memori komputer (bukan media penyimpanan seperti harddisk) dan kemudian di-Encode sesuai dengan format yang diinginkan. Dalam proses encoding yaitu mengkompresi data sehingga ukurannya tidak terlalu besar (bersifat optional), karena pada streaming melalui jaringan, biasanya data akan dikompresi terlebih dahulu sebelum dilakukan streaming, karena keterbatasan lebar pita (bandwitdh) jaringan. Setelah data video di-Encode data video akan dikirim kepada Streaming Server (Server Media). Di dalam Server Media terdapat berbagai macam komponen yang menunjang penyaluran data dari sumber ke Client (Decoder). User akan melakukan Decode data dan menampilkan hasilnya ke layar user. Waktu yang dibutuhkan agar sebuah data sampai mulai dari pemancar sampai penerima disebut dengan Latency.

Teknik Pendistribusian Streaming Server:

  • Layanan streaming melaui media jaringan berbasis IP File-File hasil compresi Video/Audio tersebut tidak berada pada media yang dapat dipindah-pindahkan seperti Hardisk maupun Media Storage lainnya, melainkan berada pada sebuah Komputer Server yang diditribusikan melalui Jaringan Komputer yang bersifat Publish (Internet) maupun yang bersifat Private (WAN/LAN) artinya Media file Video/Audio bukan lagi pada Hardisk atau Media lainnya melainkan melaui media jaringan berbasis IP (Internet Protocol).
  • Live streaming: Layanan streaming melalui Internet atau bersifat Private (WAN/LAN) dilakukan pada saat kejadian(Event) sedang berlangsung secara Live.
  • Protokol yang dipergunakan adalah protokol RTSP.
  • Teknik kompresi suara menggunakan istilah Encoding dan Decoding dan Codec Audio/Video yang dapat didistribusikan adalah codec RA (Real Audio) dan RV (Real Video).
  • Hasil Encoding Streaming ini dapat diakses dengan menggunakan aplikasi RealPlayer, VLC Player, Mplayer, dan aplikasi media player lainya yang dapat mendistribusikan protokol RTSP.

Teknik Pengiriman Encoding Streaming hasil Real Producer ada dua teknik yaitu :

  • PULL Streaming, dengan teknik ini pengguna layanan harus memiliki IP Publish, sehingga Server Streaming yang dimiliki dapat melakukan pendistribusian yaitu dengan cara memberikan IP Address komputer yang melakukan encoding streaming dan Port yang dipergunakan. IP Address dan Port tersebut selanjutnya didaftarkan pada layanan streaming yang berada di Server Streaming dan pemberian nama streaming yang dinginkan oleh pengguna Layanan Streaming.
  • PUSH Streaming, dengan teknik ini pengguna layanan tidak harus memiliki IP Publish, Pengirimin langsung dari PC yang menjalankan Encoder dan selanjutnya hanya melakukan verifikasi Username dan Password yang telah terdaftar di Server Streaming. Pada Push Streaming ini pemberian nama streaming ditentukan oleh Mesin Encoder.

Facebook Comments

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© Franz East 2009 - 2016. | Powered by Coffee + Cigarete & Site Hosted By IDwebhost.