Membuat Trigger di Oracle

Dalam Oracle, trigger di buat menggunakan perintah CREATE TRIGGER. Jika anda ingin menimpa trigger lama di dalam database, maka anda dapat menyertakaan klausa OR REPLACE sehinga perintahnya menjadi CREATE OR REPLACE TRIGGER.

Berikut ini bentuk umum mebuat trigger di Oracle:

CREATE [OR REPLACE] TRIGGER nama_trigger
(BEFORE | AFTER ) (INSERT | UPDATE | DELETE) ON nama_tabel
FOR EACH ROW
DECLARE
--isi deklarasi variabel
BEGIN
--isi statemen-statemen yg akan dieksekusi
END;

sebelum membuat trigger kita membuat satu tabel baru dengan nama HISTORI_BUKU, yang berfungsi untuk mencatat semua transaksi atau aksi (INSERT,UPDATE,DELETE) yang terjadi pada tabel BUKU. Perintah SQL untuk membuat tabel HISTORI_BUKU.

NB : Tabel HISTORI_BUKU ini sebenarnya memiliki struktur kolom yang sama dengan tabel BUKU,Hanya penambahan dua kolom baru: JENIS AKSI dan AKSI_TGL, kolom AKSI berfungsi untuk mencatat jenis transaksi atau aksi yang dilakukan user pada tabel BUKU sedangkan AKSI_TGL utk mencatat tanggal kejadian kapan aksi tsb di lakuakan.

Membuat TRIGGER.
Sebagai contoh, saya membuat trigger yang diaktivasi setiap kali user memasukan data baru dalam tabel BUKU. pada saat dieksekusi, trigger ini berfungsi untuk memasukan data secara otomatis ke dalam tabel HISTORI_BUKU, adapun data yang dimasukan tersebut dia ambil dari data yang dimasukan oleh user ke dalam tabel BUKU. dibawah ini kode untuk melakukan hal tersebut :

Setelah membuat objek trigger di atas, utk dapat melihat penggaruh dari trigger tersesbut dengan cara memasukkan data baru ke dalam tabel BUKU dan periksa data pada tabel HISTORI_BUKU.

periksa data pada tabel HISTORI_BUKU dengan perintah :

SELECT * FROM HISTORI_BUKU

Facebook Comments

2 Comments

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© Franz East 2009 - 2018. | Powered by Coffee + Cigarete & Site Hosted By IDwebhost.