Membuat View pada Oracle

Untuk menghindari penulisan ulang Query yang kompleks atau rumit, dalam SQL kita diizinkan untuk membuat objek khusus untuk menyimpan Query tersebut. objek semacam ini disebut dengan view.

Apa itu View?
View adalah objek di dalam database yang berisi kumpulan kolom yang dihasilkan dari perintah SELECT. Dengan kata lain yang lebih sederhana, view adalah objek yang menyimpan hasil query, baik dari satu tabel atau lebih, dalam dunia database, view juga sering dinamakan sebagai "tabel virtual" karena view sebenarnya tidak memiliki sata. Data yang ditampilkan oleh sebua view diambil dari tabel-tabel aktual yang disertakan dalam SELECT.

Membuat View

View dibuat mengunakan perintah CREATE VIEW, dengan bentuk umum sepert berikut:

CREATE VIEW nama_view AS perintah_SELECT;

Contoh pembuatan sebuah view ; perintah dalam gambar ini mendifinisikan view di dalam database dengan nama v_buku. View tersebut verisi perintah SELECT yang melibatkan dua buah tabel, yaitu Tabel BUKU dan Tabel PENERBIT.

Melalui cara seperti gambar di atas, kita dapat melakukan seleksi melalui view yang telah dibuat, perintah untuk menampilkan view yang telah di buat di atas yaitu :

SELECT * FROM v_buku;

hasil yang di tampilkan adalah:

Melihat Daftar Kolom di dalam View

Daftar kolom pada sebuah view juga dapat dilihat mengunakan DESC, yang diikuti dengan nama view yang di maksud.

DESC v_buku;

Facebook Comments

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© Franz East 2009 - 2018. | Powered by Coffee + Cigarete & Site Hosted By IDwebhost.