Networking Security : Kaitan Domain .tp dengan Sejarah Kemerdekan Timor Leste

NamaDomain.com, Salah satu wujud eksistensi sebuah negara di internet adalah nama domain negara Country Code - Top Level Domain (cc-tld) yang dikeluarkan oleh otoritas domain internasional, Internet Assigned Numbers Authority (IANA).

Untuk itulah, saat Timor Leste (waktu itu masih Timor - Timur) berusaha melepaskan diri dari Indonesia, Martin Maguire, seorang manager ISP di Dublin, Irlandia, yang mendukung kemerdekaan Timor Leste, mendaftarkan sebuah cc-tld dengan nama tp. Sejak 1997 domain tersebut telah diakui oleh IANA dan didaftarkan atas nama Xanana Gusmao, yang saat itu masih mendekam di LP Cipinang, Jakarta.

Namun, domain .tp tampaknya memang sekedar menjadi "Penyataan Kemerdekaan Timor Leste di Internet". Bahkan menurut pengamatan media waktu itu di tahun 2002, hanya dua situs internet yang menggunakan domain ini : www.nic.tp dan www.freedom.tp.

Situs nic.tp merupakan situs pendaftaran untuk domain .tp. Sedangkan situs freedom.tp merupakan situs perjuangan kemerdekaan Timor Leste yang tampaknya tidak pernah di-update selama bertahun-tahun.

Walaupun Martin Maguire pada awalnya menyatakan domain tp merupakan simbol kemerdekaan dari domain id milik Indonesia, jumlah penggunanya saat itu tentunya tak bisa dibandingkan dengan domain id. Saat itu 2002 domain id sudah digunakan lebih dari 26 ribu nama domain.

Waktu itu Pemerintahan transisi Timor Leste di bawah UNTAET tampaknya juga merasa sulit dan enggan untuk menggunakan domain tp. Untuk situs resminya dengan alasan keamanan sebelumnya, mereka lebih memilih menggunakan domain internasional yang Beralamat di www.gov.east-timor.org.

Masa depan domain tp tampaknya memang tidak jelas waktu itu. Namanya sendiri dikhawatirkan bakal mengingatkan rakyat Timor Leste pada Kolonialisme Portugis yang menguasai negeri itu selama empat abad. Dari nama Doman tp sendiri merupakan kepanjangan dari "Timor Portuguesse", nama yang digunakan Timor Leste sebelum masuknya Indonesia pada 1975.

Martin Maguire yang saat ini masih terdaftar sebagai technical contact domain tp, dalam wawancara dengan salah satu media internasional waktu itu 2002, menyatakan akan menyerahkan pengelolaan domain ini pada badan pengelola internet yang dibentuk oleh pemerintahan baru Timor Leste pada saat pemerintahan sementara di bawah UNTAET beralih ke pemerintahan baru pada hasil Pemilu pertama di Timor Leste.

Namun yang terjadi setelah Pemerintahan Baru Pertama Timor Leste di tahun 2002, Domain tp tidak lagi di gunakan, Pemerintah Timor Leste mengantikan domain tp dengan nama domain baru yaitu tl yang telah resmi di gunakan sebagai Country Code - Top Level Domain (cc-tld) untuk negara Timor Leste.

jadi menurut pandangan saya sendiri domain tp hanyalah sebuah bentuk Perjuangan Kemerdekaan Timor Leste di Internet dan akan ditulis dalam Sejarah Kemerdekan bumi Timor Lorosae serta ini juga merupakan pengalaman baru bagi negara Timor Leste Seiring dengan perkembangan telekomnikasi yang mulai berkembang pesat di Bumi Timor Lorosae - Adeus .tp Bemvindo .tl.

Problem keamanan yang berhubungan dengan Topik di atas :

Penyerangan terhadap domain Timor Timur - Pada akhir bulan Januari 1999 , domain milik Timor Timur (.TP) diserang sehingga hilang (hal : 10 - secure-intro). Domain untuk Timor Timur ini diletakkan pada sebuah server di Irlandia yang bernama Connect-Ireland. Pemerintah Indonesia yang disalahkan atau dianggap melakukan kegiatan hacking ini. Menurut keterangan yang diberikan oleh administrator Connect-Ireland, 18 serangan dilakukan secara serempak dari seluruh penjuru dunia. Akan tetapi berdasarkan pengamatan, domain Timor Timur tersebut dihack dan kemudian ditambahkan sub domain yang bernama “need.tp”. Berdasarkan pengamatan situasi, “need.tp” merupakan sebuah perkataan yang sedang dipopulerkan oleh “Beavis and Butthead” (sebuah acara TV di MTV). Dengan kata lain, crackers yang melakukan serangan tersebut kemungkinan penggemar (atau paling tidak, pernah nonton) acara Beavis dan Butthead itu. Jadi, kemungkinan dilakukan oleh seseorang dari Amerika Utara.

Aspek atau servis dari keamanan (Networking Security) dari topik di atas menurut pemahaman saya sendiri :

  • Kelemahan

Pelaku mampu masuk kesuatu sistem jaringan secara diam – diam dan pelaku berhasil membobol sistem jaringan mungkin disebabkan karena keamanan pada sistem jaringan yang lemah.

  • Masalah

Kurangnya pengamanan sistem secara terintegrasi yang mana sangat diperlukan untuk meminimalisasikan kemungkinan perusakan tersebut.

  • Dampak

Hubungan kerjasama Indonesia dan Timor Leste bisa terancam waktu itu karena adanya tuduhan terhadap pembobolan domain Timor Leste.

Sumber - Sumber Tulisan di ambil dari :

Facebook Comments

1 Comment

  1. Hi, my name is Catherine and I am the marketing manager at StarSEO Marketing. I was just looking at your Networking Security : Kaitan Domain .tp dengan Sejarah Kemerdekan Timor Leste | FranZEast site and see that your site has the potential to become very popular. I just want to tell you, In case you didn't already know... There is a website network which already has more than 16 million users, and most of the users are interested in topics like yours. By getting your website on this service you have a chance to get your site more popular than you can imagine. It is free to sign up and you can read more about it here: http://tf3.info/nf - Now, let me ask you... Do you need your website to be successful to maintain your way of life? Do you need targeted traffic who are interested in the services and products you offer? Are looking for exposure, to increase sales, and to quickly develop awareness for your site? If your answer is YES, you can achieve these things only if you get your website on the network I am talking about. This traffic service advertises you to thousands, while also giving you a chance to test the network before paying anything at all. All the popular sites are using this network to boost their readership and ad revenue! Why aren’t you? And what is better than traffic? It’s recurring traffic! That's how running a successful website works... Here's to your success! Read more here: http://tf3.info/nf

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© Franz East 2009 - 2016. | Powered by Coffee + Cigarete & Site Hosted By IDwebhost.