Struktur IPv6 Address dan Penyederhanaan alamat IPv6

Struktur IPv6 : Pengalamatan IPv6 terdiri dari 16 byte (octets) dan mempunyai panjng 128 bit. IPv6 menggunakan protokol alamat dengan notasi heksadesimal kolom (hexadecimal colon notation). Di dalam notasi tersebut, 128 bit dibagi menjadi 8 bagian, dimana setiap bagian panjangnya 2 byte. Dan 2 byte di dalam heksadesimal notasi memerlukan 4 heksadesimal digit. Jadi alamat pada IPv6 terdiri dari 32 heksadesimal digit dengan setiap 4 digit dan pisahkan dengan kolon (:)

Penyederhanan alamat IPv6
Walaupun alamat IP dalam format heksadesimal sangat panjang, pada beberapa digitnya adalah nol sehingga alamat IPv6 tersebut dapat disingkat. Penyingkatan 0 ini hanya diperbolehkan pada digit 0 yang letaknya didepan setiap 4 digit tersebut bukan digit 0 yang letaknya dibelakang digit yang bukan 0.

Dengan bentuk penyingkatan bit, 0074 dapat ditulis merjadi 74,000F merjadi F dan 0000 menjadi 0. Sedangkan digit 0 yang berada pada digit yang bukan 0 tidak dapat dihilangkan, 3210 tidak dapat disingkat. Bentuk yang lain adaiah penyingkatan digit 0 yang berurutan. Bila dalam bentuk penyingkatan masih terdapat digit 0 yang berurutan, bentuk tersebut dapat disingkat lagi.

Sebagai contoh :
Bentuk penyingkatan ini hanya dapat diperbolehkan hanya l di dalam setiap aiamat sehingga bita ada 2 bagian yang terdapat digit 0 secara berurutan maka hanya l dar: bagian itu yang dapat disingkat.

Dikutip Dari Buku : Data Communication And Networking By Behrouz a. Forouzan 4th Edition

Facebook Comments

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© Franz East 2009 - 2016. | Powered by Coffee + Cigarete & Site Hosted By IDwebhost.